Pemerintah Kota Metro Harus ”Dorong” Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal

0
283

Lampung, ( www.brigadenews.id ),- Kearifan lokal pada intinya kegiatan yang melindungi dan melestarikan alam dan lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji dan melestarikan kearifan lokal yang berkembang di masyarakat.

Karena Kearifan lokal terbentuk sebagai proses interaksi antara manusia dengan lingkungannya dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhannya. Walaupun kearifan lokal bersifat lokal tapi mengandung nilai-nilai moral universal.

i

Yudha Saputra, Ketua DPW Himpunan Pewarta Indonesia ( HPI ) Provinsi Lampung saat memberikan keterangan kepada pewarta mengatakan,

” Terbukti industri kreatif  memiliki peran yang cukup signifikat terhadap perkembangan PDB Nasional. Pada tahun 2017 industri kreatif mampu menyumbang sekitar Rp 952 triliun atau 7,28% terhadap total PDB Nasional.” urainya

Yudha Menambahkan, Industri ekonomi kreatif tumbuh 4,95% pada tahun 2017, angka tersebut meningkat dibandingkan pada tahun 2016 yang hanya tumbuh sebesar 4,41%. Kontribusi terbesar berasal dari sektor kuliner sebanyak 41%, mode atau fashion 17% dan kerajinan 14,9%. Terkait pariwisata yang merupakan bagian tak terpisahkan dari ekonomi kreatif, oleh karena itu para pelaku ekonomi kreatif harus menciptakan daya tarik tersendiri.”.Tegas pemilik Indomedia Network ini.

o

Denny Makruf SP, Ketua DPD Organisasi Masyarakat ‘ PETIR ‘ Kota Metro saat memberikan pendapatnya mengatakan , Dalam merumuskan strategi dan taktik dalam skala pemberdayaan masyarakat  pelaku ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal  di Kota Metro.

” Metoda ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi masyarakat di tengah ‘New Normal’ yang mana masyarakat saat ini tengah mengalami ‘ dedgradasi ekonomi ‘ tentu ini adalah sebuah problem solving, sebagai usaha yang menjajikan,  serta sebagai wadah pembelajaran dan pelestarian budaya dengan terciptanya usaha ekonomi kreatif yang berbasis kearifan lokal.” Tegasnya.

Serta tumbuhnya ekonomi kreatif ditengah-tengah masyarakat tentunya sangat berdampak pada kehidupan masyarakat khususnya dalam segi perekonomiannya.

( Redaksi )