PENYULUHAN PERTANIAN JADI SASARAN NON FISIK TMMD KE-112 KODIM 0414/BELITUNG

0
11

BRIGADENEWS.ID.BELITUNG (Kelubi) – Penerangan Korem 045/Garuda Jaya. Rangkaian kegiatan TMMD ke-112 Kodim 0414/ Belitung dengan sasaran Non Fisik dilaksanakan Penyuluhan pertanian Rabu, 6 Oktober 2021 di kantor desa kelubi.

Masih dalam rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Kodim 0414/Belitung kembali mengundang Dinas Pertanian Belitung Timur yang akan membagikan ilmunya kepada warga Desa Kelubi Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur .

Kepala Dinas Pertaniaan Kabupaten Belitung Timur Bapak Jaka mengatakan melalui kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang Pertaniaan dan meningkatkan keterampilan masyarakat supaya semakin baik kedepannya.

Lebih lanjut dikatakan, Penyuluhan ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan supaya dapat diterapkan untuk meningkatkan tarap kehidupan para petani mereka sehari-hari. Selain itu, hal ini juga untuk memecahkan masalahnya sendiri dalam meniti usaha guna meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya Desa Kelubi .

“Dalam giat penyuluhan ini kepala dinas pertanian menjelaskan tentang materi pertanian, kami menyampaikan materi tentang organisasi yang ada di Dinas pertanian ada 5 yaitu Tanaman Pangan dan Holtikultura, Perkebunan, Peternakan, Ketahanan pangan dan Penyuluhan agar para petani mengerti sehingga dapat kemana menyampaikan masalah Pertaniaan, sebagai dinas akan membantu para petani dalam meningkatkan hasil Pertaniaan dan bantuan -bantuaan bibit serta pupuk sehingga akan membantu petani dalam mengolah lahan Pertaniaan , intinya semua ini untuk kesejahteraan masyarakat. Ujarnya.

Danramil Manggar Koordinator Kegiatan Non Fisik Satgas TMMD 112 Kodiim 0414/Belitung Mayor Inf Djoko Lelono juga menuturkan, dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi tentang Pertaniaan ini diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan cara bertani yang baik kepada masyarakat setempat agar kedepannya lebih baik dan maju dalam segala pertanian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat .

“Masyarakat diarahkan bagaimana cara mengolah tanah , memperoleh pupuk dan masalah-masalah berkaitan dengan pertaniaan sehingga setiap kendala yang dihadapi dapat terselesaikan sehingga dapat meningkatkan hasil Pertaniaan yang lebih maksimal lagi dan lebih baik hasilnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kelubi Bapak Zamroni mengatakan, masyarakat memang selama ini membutuhkan informasi dan pengetahuan yang selama ini belum didapatkan langsung dari Dinas Pertanian. Dimana menurut dia, saat ini masyarakat Desa masih memakai cara bertani zaman dulu dengan mengandalkan alam, sehingga sulit bersaing dengan petani lainnya yang sudah memakai cara-cara modern tehnologi maju.

“Saat ini 89 kepala keluarga dominan berprofesi sebagai petani. Dengan adanya penyuluhan pertanian dalam rangka kegiatan TMMD ke-112 Kodim 0414/ Belitung pilihan tepat bagi warga kami untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang masih minim pengetahuan untuk menjadi petani ,”

“Sosialisasi pertanian ini juga bertujuan untuk menjalin serta, mempererat hubungan silahturahmi dengan masyarakat dan instansi terkait,” pungkasnya.( RH.Penrem)