KBO Babel Role Model Terbentuknya Kantor Berita Online Di Provinsi

0
31

BRIGADENEWS.ID.JAKARTA – Tepatnya pada tanggal 27 Oktober 2021 lalu Ikatan Media Online (IMO) Indonesia merayakan hari ulang tahun ke-4 hari ini dengan mengusung tema “Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa Dengan Pemberitaan Yang Benar dan Berimbang”.

Dalam momentum HUT IMO Indonesia ke 4, tak ketinggalan Rikky Fermana Penanggungjawab Kantor Berita Online Bangka Belitung (KBO Babel) dan didampingi Ramadhan reporter KBO Babel juga hadir dalam perayaan tersebut.

Kehadiran KBO Babel disambut hangat oleh Ketua Umum IMO Indonesia Yakub Ismail dan Sekretaris Jenderal IMO Indonesia M Nasir Bin Umar.

Dalam kesempatan tersebut di hadapan Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal IMO Indonesia, Rikky Fermana menyampaikan bahwa KBO Babel dibentuk atas inisiator oleh ketua organisasi profesi pers Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) atau Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Bangka Belitung yakni Himpunan Pewarta Indonesia (HPI), Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI), dan Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID).

Organisasi KBO Babel sebagai wadah berhimpunnya perusahaan media online/siber baik media lokal dan perwakilan media nasional yang ada di Bangka Belitung, dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomibagi para pewartanya, selain ikut serta berkontribusi bersama pemerintah daerah dalam mendukung program kerja dan pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

” Di Kantor Berita Online Bangka Belitung bukan hanya organisasi perusahaan Pes IMO Indonesia saja, namun ada organisasi perusahaan pers lainnya yang bergabung di KBO Babel, dibangun dengan untuk memperatkan rasa persatuan dalam keluarga besar sesama para pegiat perusahaan Pers” Tutur Rikky Fermana yang juga Ketua IMO Indonesia DPW Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Lanjutnya,bahkan salah satu Dewan Penasehat IMO Indonesia Tjandra Setiaji yang akrab disapa bang Andi juga salah satu Dewan Pembina KBO Babel dan beberapa tokoh masyarakat Indonesia dan Bangka Belitung.

Meskipun KBO Babel terbentuknya pada 1 September 2021 terbilang baru beberapa bulan, mendapat tanggapan yang positif dan pujian dari Plh Ketua Umum HPI M Nasir Bin Umar, mengatakan bahwa tidaklah mudah untuk mengajak organisasi profesi pers yang berbeda menghimpun diri jadi satu dalam satu organisasi.

“Saya salut dan bangga kepada HPI Babel bisa mengajak orang lain atau organisasi profesi Pers lain untuk melebur diri dalam satu rumah, padahal kita ketahui pengurus organisasi profesi pers mempunyai ego yang tinggi dan ini bukan perkara gampang untuk bersatu, seyogyanya ini bisa menjadi contoh bagi rekan-rekan DPW HPI lainnya dan teman-teman wartawan untuk membentuk KBO-KBO di Provinsi lainnya”ungkap Nasir.

Hal senada, juga disampaikan oleh Ketua IMO Indonesia Provinsi Bengkulu Ersan, bahwa konsep pemikiran rekan-rekan dari Babel menginisiasi terbentuknya kantor berita online bisa menjadi contoh bagi organisasi profesi pers dan perusahaan pers untuk membentuk kantor berita-kantor berita online di provinsi lain, sehingga keberadaan para pegiat pers semakin kuat dan solid.

“Barangkali kami juga akan mengikuti konsep rule model membentuk kantor berita online di Bengkulu seperti rekan kami dari Bangka Belitung dengan KBO Babelnya”, ungkap Ersan pimpinan pedaksi Kompolmas.TV.

Menjelang hari perpisahan, Rikky Fermana Penanggungjawab KBO Babel menyerahkan cinderamata berupa plakat KBO Babel kepada Ketua Umum Yakub Ismail, dan Plakat KBO Babel berserta salinan surat keputusan Kepengurusan Kesekretariatan KBO Babel Periodenya 2021-2026 kepada Plh Ketua umum HPI M Nasir Bin Umar. (KBO Babel)