Warga Perumahan Mulia Indah II Kelurahan Dul Minta Akses Jalan Tayib Utama Diperbaiki

0
40

BRIGADENEWS.ID.BANGKA TENGAH (Pangkalan Baru) – Ratusan warga Perumahan Mulya Indah II jalan Tayib Utama kelurahan Dul kecamatan Pangkalan Baru kabupaten Bangka Tengah mengeluh, dan menanti pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bangka Tengah memperbaiki dan pengaspalan akses jalan yang dilewati masyarakat setempat.

Pasalnya, sudah bertahun-tahun jalan yang mereka lewati rusak tidak kunjung juga diperbaiki, bahkan sekarang terlihat kondisi jalan berlobang, permukaan jalan tidak rata, dan rusak parah.

Apalagi disaat musim penghujan datang seringkali tidak dapat dilewati oleh warga yang menggunakan kendaraan roda dua (R2).

Tampaknya pembangunan peningkatan atau perbaikan jalan ini tidak menjadi skala prioritas program pembangunan pemkab Bangka Tengah, sehingga masyarakat setempat berpraduga bahwa program peningkatan pekerjaan perbaikan atau pengaspalan akses jalan Tayib Utama tidak dimasukkan dalam tahun anggaran di program pembangunan Pemkab Bangka Tengah, atau belum dilaporkan oleh Dinas PU Bangka Tengah ke Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, ST, sehingga dianggap tidak menjadi skala prioritas Pemkab Bangka Tengah lantaran belum setahun mejabat sebagai Bupati Bangka Tengah.

Foto :  Perumahan Mulya Indah II jalan Tayib Utama kelurahan Dul kecamatan Pangkalan Baru kabupaten Bangka Tengah

Salah satu keluhan warga perumahan Mulia Indah II diungkapkan oleh Sapran (35) kepada Jejaring media KBO Babel saat investigasi langsung ke lokasi jalan Tayib Utama di Kecamatan Pangkal Baru.

“Sudah lama jalan ini rusak pak, jalan ini sudah ada sebelum perumahan di bangun pihak deplover, dan jalan Tayib Utama ini dibangun oleh pemda kabupaten Bangka Tengah, dan kami tinggal disini sudah lebih dari 5 tahun pak, entah kapan pemda Bangka Tengah akan memperbaiki dan mengaspalkanya,”ungkapnya, Senin (1/11/2021).

Hal Senada juga diungkapkan oleh Kasim (40) berharap agar Pemkab Bangka Tengah segera memperbaiki untuk mengaspalkanya agar warga aman dan nyaman terjamin keselamatannya saat menggunakan jalan ini.

“Semoga keluhan kami didengar oleh bapak Bupati Algafri dan Dinas PU Bangka Tengah, kamipun sudah menjadi warga Bangka Tengah, saya sudah 10 tahun tinggal disini,” ungkap Kasim berprofesi sebagai pedagang.

Sementara itu, Akian pihak deplover perumahan Mulia Indah II saat dikonfirmasi oleh Jejaring media KBO Babel membenarkan bahwa jalan Tayib Utama sudah ada sebelum pihaknya membangun perumahan dan jalan itu dibukan atau dibangun oleh Pemkab Bangka Tengah, bahkan pihak deplover mengaku ada berita acara serah terimanya kepada pihak Pemkab Bangka Tengah saat pihaknya membangun siring jalan tersebut.

“Jalan itu dibuka dan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, dan kami hanya membangun siringnya saja (bandar-red), dan serah terima pekerjaan siring ke Pemkab Bangka Tengah masih kami pegang, dan ada kantor, besok saya WA ke bapak ya,” Kata Akian perwakilan pihak deplover perumahan Mulia Indah II saat dikonfirmasi KBO Babel, Senin Malam (1/11/2021).

Foto : tampak permukaan jalan yang tidak merata

Ditambahkannya, saat ini ada 200 KK yang menempati perumahan Mulia Indah II dari 300 unit yang telah dibangun oleh pihaknya. Dan ditegaskannya jalan yang rusak itu bukan didalam area komplek perumahan Mulia Indah II.

Bahkan diketahuinya, pekerjaan peningkatan pengaspalan jalan tersebut sudah masuk rencana program pembangunan Pemkab Bangka Tengah pada Tahun Anggaran 2020 dan 2021.

“Setahu kami pengaspalan jalan Tayib Utama sudah dimasuk di tahun anggaran kemarin 2020, barangkali karena ada pandemi covid anggarannya terserap untuk itu,”pungkas Akian..

Sementara itu pihak Dinas PU Kabupaten Bangka Tengah masih dalam upaya dikonfirmasi terkait jalan Tayib Utama yang rusak yang dikeluhkan oleh warga setempat.

Tentunya keluhan dan harapan ini bukan saja hanya warga perumahan Mulia Indah II, namun masyarakat lainnya atau pengguna akses jalan Tayib Utama ini, berharap hal yang sama agar jalan yang mereka lewati menjadi perhatian serius Pemkab Bangka Tengah dan diketahui oleh Bupati Bangka Tengah untuk menjadi skala prioritas diperbaiki dan peningkatan pengaspalan. (KBO Babel)