Warga Minta Jalan Tayib Utama Diaspal, Bupati Algafry Instruksikan Dinas PUPR Tinjau Lokasi 

0
17

BRIGADENEWS.ID.BANGKA BELITUNG – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman ST telah menginstruksikan pihak Dinas PUPR meninjau kembali lokasi jalan Tayib Utama, Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru yang butuh peningkatan, demi kelancaran aktivitas masyarakat.

“Sudah kita minta kawan-kawan Dinas PUPR ke lokasi,” kata Bupati Algafry saat dikonfirmasi oleh jejaring media KBO Babel terkait permintaan warga komplek perumahan Mulia Indah II, mengenai peningkatan jalan Tayib Utama, Rabu pagi (03/11/2021).

Sementara itu, Sapran, mewakili warga komplek perumahan Mulia Indah II menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas perhatian Bupati Bateng Algafry Rahman yang telah menanggapi aspirasi warganya.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih, karena Pak Bupati Algafry telah menginstruksikan Dinas PUPR meninjau ke lokasi. Tentunya, kami berharap semoga akses jalan Tayib Utama yang statusnya merupakan jalan Kabupaten ini segera bisa ditingkatkan atau diaspal,” ungkapnya.

Untuk diketahui, bahwa warga komplek Mulia Indah II sudah menempati perumahan sejak 10 tahunan, sementara jalan Tayib Utama sepanjang kurang lebih 300 meter ini adalah akses utama warga.

“Ya, selama ini kondisinya becek, licin dan berlumpur saat musim penghujan. Serta debu tebal beterbangan, saat musim kemarau. Sekali lagi, kami masyarakat berharap agar akses jalan ini segera diperhatikan oleh Pemda Bateng,” tandasnya.

* Dinas PUPR Bateng Segera Upayakan Peningkatan Jalan Tayib Utama

Terkait aspirasi warga komplek perumahan Mulia Indah II baru-baru ini, mengenai akses jalan Tayib Utama, Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah (Bateng), Bangka Belitung (Babel) yang selama ini belum juga dilakukan peningkatan atau pengaspalan, maka pihak Dinas PUPR Bateng akan segera mengusahakan semaksimal mungkin.

Senin malam sebelumnya (01/11/2021), Sapran, mewakili warga mengakui sudah tinggal di perumahan Mulia Indah II ini sudah 10 tahunan, namun akses jalan Tayib Utama, Kelurahan Dul sampai saat ini belum juga dilakukan peningkatan atau pengaspalan. “Ya sampai sekarang jalan Tayib Utama masih full tanah puruh pak. Jadi, kalau musim hujan becek, licin dan berlumpur. Sementara kalau musim kemarau, debunya luar biasa,” ungkap Sapran kepada jejaring media KBO Babel.

Harapan Sapran, mewakili ratusan warga agar akses jalan ini segera diperhatikan oleh Pemda Bateng, demi kelancaran aktivitas masyarakat.

“Perumahan Mulia Indah II ini, ada 200 lebih unitnya yang sudah dihuni, tapi akses jalan utama menuju perumahan ini yang jadi kendala utama. Tentunya, kami masyarakat ini berharap agar akses jalan ini segera dilakukan peningkatan atau pengaspalan oleh Pemda Bateng melalui dinas terkait,” ungkapnya.

Sementara itu, Akhian, pihak deplover perumahan Mulia Indah II saat dikonfirmasi awak media membenarkan, bahwa jalan Tayib Utama tersebut sudah ada sebelum pihaknya membangun perumahan dan akses jalan itu dibangun oleh Pemkab Bateng, bahkan sudah berita acara serah terimanya.

“Jalan itu dibuka dan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, dan kami hanya membangun siringnya saja,” katanya, Selasa (02/11/2021).

Lanjutnya, sebagai pihak pengembang, Akhian mengakui, terkait keluhan warga komplek perumahan Mulia Indah II mengenai akses jalan Tayib Utama tersebut, pihaknya selama ini sudah mengusulkan ke Pemda Bateng untuk dilakukan peningkatan.

“Pada masa Pak Ibnu Saleh menjabat Bupati Bateng sudah diusulkan, bahkan sudah ada memo dari beliau terkait peningkatan jalan Tayib Utama ini. Pada 2020 lalu informasinya sudah dianggarkan, namun terkendala refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, pihak Dinas PUPR Bateng melalui Kabid Bina Marga, Yusuf membenarkan, pada 2020 lalu jalan Tayib Utama, Kelurahan Dul yang merupakan akses warga komplek perumahan Mulia Indah II tersebut semestinya sudah dilakukan peningkatan, karena sebelumnya sudah dianggarkan.

“Namun, terkendala refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19, sehingga peningkatan jalan disana jadi tertunda,” ungkapnya kepada awak media, Selasa sore (02/11/2021).

Kemudian, pada tahun 2021 ini, lanjut Yusuf, juga sudah dianggarkan dan seharusnya bisa dilakukan peningkatan jalan Tayib Utama, namun juga masih terkendala refocusing anggaran.

“Jadi, terkait peningkatan jalan Tayib Utama tersebut, tetap akan kami usahakan semaksimal mungkin dalam satu atau dua tahun kedepan ini,” tandas Yusuf. (*)