Ops Zebra Lancang Kuning 2021, Kapolres Rohul, Kedepankan Sikap Edukatif Dan Humanis

0
8

BRIGADENEWS.ID.ROKAN HULU – Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021, di lapangan Apel Mapolres Rokan Hulu (Rohul), Senin (15/11/2021) sekitar pukul 08.15 Wib.

Bertindak sebagai Inspketur Apel Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Perwira Upacara Kasat Lantas AKP Bagus Harry Priyambodo, SIK, sedangkan cadangan perwira Apel AKP Nadeak.

Kegiatan dengan tema “melalui Ops Zebra Lancang kuning 2021 kita tingkatkan disiplin prokes dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19 serta mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap menjelang Natal dan tahun baru 2022”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil ketua DPRD Rohul Andrizal, Plt Sekdakab Rohul Muhammad Zaki, Waka Polres Kompol Adi Prabowo SH SIK, MH, Danramil 02 Rambah Kapten Inf Taufik Sihombing, Kasat Pol PP Ridarmanto, SIP MIP, para Kabag, Kasat dan Pama Polres Rohul

Apel tersebut, melibatkan, 1 Pleton Gabungan Pama, 1 Pleton Gabungan Staf, 1 Pleton Sat Samapt, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim dan Sat Narkoba, 1 Pleton Personil TNI, 1 Peleton Sat Pol PP Rohul dan 1 Pleton Dishub Rohul

Terpantau dalam kesempatan itu, Komandan apel memasuki lapangan apel, pasukan disiapkan, Kapolres Rohul sebagai Inspektur apel memasuki lapangan apel, pasukan disiapkan.

Kemudian, penghormatan pasukan kepada Inspektur apel, laporan komandan apel dilanjutkan pemeriksaan pasukan, laporan perwakilan pemasangan pita tanda Ops Zebra, amanat Inspektur apel, laporan komandan apel, penghormatan pasukan kepada Inspektur apel dan Do’a

Amanat dan arahan Inspektur Apel, disampaikan AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, kegiatan ini dilaksanakan dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Sehingga Polri akan melaksanakan kegiatan operasi Kepolisian kewilayahan, pelaksanaannya mulai 15 November 2021 sampai 28 November 2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda,” katanya

“Dengan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis,” katanya.

“Tetap menerapkan protokol kesehatan dalam meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna memutus penyebaran Covid-19,” lanjutnya.

Gelar pasukan ini, katanya, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polda Riau dalam pelaksanaan kegiatan Ops Zebra Lancang kuning 2021.

“Dengan tujuan agar berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” sebutnya lagi.

Guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, kata Dia, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar Lantas dengan memberdayakan seluruh stake holder.

“Supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas, saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19,” tuturnya.

“Sehingga sangat diperlukan peran serta stake holders dalam menciptakan kamseltibcar Lantas di masa pademi Covid-19,” pungkasnya

Pada pelaksanaan Operasi kali ini, menjadi targetnya, memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa. “Memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas,” imbuhnya.

Lebih lanjut, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, menjelaskan sasaran, Operasi Zebra Lancang Kuning ini yaitu, segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi cluster penyebaran Covid-19.

“Kemudian Masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, termasuk yang tidak disiplin dalam berlalu lintas dan Lokasi yang rawan macet, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta rawan kerumunan,” paparnya.

“Dengan sasaran penindakan pelanggaran tersebut, maka diharapkan Operasi tahun ini dapat menurunkan laju penyebaran Covid-19,” urainya.

Kemudian, menekan jumlah korban fatalitas serta meminimalisir kemacetan lalu lintas untuk mewujudkan Kamseltibcar lantas,” tutup AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK mengakhiri.

Giat Apel selesai sekitar pukul 08.45 Wib, selama giat berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan tertib.

(Humas Polres Rohul)