Inalum Desak Tiga Anak Perusahaannya Gelar RUPSLB, Apakah Jajaran Direksi PT Timah Tetap Bertahan

0
9

BRIGADENEWS.ID.JAKARTA – Sedikitnya tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negera (BUMN), masing-masing yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Timah Tbk (TINS) dikabarkan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rencananya rapat ini seluruhnya akan dilaksanakan pada Kamis, 23 Desember 2021 nanti.

Informasi yang disampaikan oleh masing-masing perusahaan ini, disebutkan bahwa pelaksanaan RUPSLB ini merupakan permintaan dari induk usaha perusahaan, yakni PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)/Inalum alias MIND ID yang merupakan induk usaha holding BUMN pertambangan.

Hingga saat ini ketiga emiten tambang tersebut (PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Timah Tbk (TINS) masih belum mengajukan agenda yang akan dibahas dalam RUPSLB bulan depan.

Beberapa waktu lalu, memang terjadi perombakan ‘besar-besaran’ dalam manajemen Inalum, sehingga perombakan yang sama juga bisa terjadi di manajemen anak usahanya.

Pada 29 Oktober 2021 lalu Kementerian BUMN memutuskan untuk merombak manajemen Inalum, mengganti Orias Petrus Moedak, digantikan posisinya oleh Hendi Prio Santoso. Penempatan Hendi di perusahaan ini bersama dengan tiga direksi baru lainnya.

Hendi sebelumnya juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia sejak 15 September 2017. Sebelum diangkat menjadi pimpinan di Inalum, Hendi pun mengundurkan diri dari Semen Indonesia.

Pengunduran diri ini telah disampaikannya pada 28 Oktober 2021. Sekretaris Perusahaan SMGR Vita Mahreyni mengatakan pengunduran diri Hendi sejalan dengan pengangkatan yang bersangkutan sebagai direktur utama di Inalum.

“Permohonan pengunduran diri Bapak Hendi Prio tersebut akan diputuskan dalam Rapat umum Pemegang Saham Perseroan yang waktunya akan disampaikan lebih lanjut,” katanya, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (1/11/2021).

Sumber : CNBC.com/KBO Babel